Sunday, February 19, 2012

SIAPKAH ANDA DALAM BERSAING PENGALAMAN ??


Sadarkah anda, dalam hal pengalaman, kita mengalami persaingan?

pertanyaan itu mungkin tak biasa, kita mengetahui persaingan hanya dalam beberapa hal saja, mungkin itu prestasi, jabatan atau hal apapun yang dapat menjadikan kita lebih depan dari orang lain. Namun satu hal yang kita lupakan, "pengalaman".
Pengalaman menurut saya adalah segalah hal yang yang telah kita alami dan menghasilkan poin atau manfaat setelah kita melakukannya. Lalu apa yang menjadi persaingannya??

Persaingan dalam pengalaman ada kaitannya dengan tingkat kesempatan yang datang, ketika kesempatan yang telah hadir di depan mata kita, ada dua pilihan yang ada dalam pikiran kita, yaitu mengambil kesempatan tersebut atau kita meninggalkannya??. Dari opsi tersebut telah cukup jelas bahwasanya pengalaman bersumber dari kesempatan yang datang. Ketika kita mengambil kesempatan , maka pengalaman akan kita raih, dan manfaatnya pun akan kita rasakan. Namun jika kesempatan tersebut tidak kita ambil, maka secara tidak langsung pengalaman yang seharusnya dapat kita raih itu akan di raih oleh orang lain.
Memang sulit sekali dalam memutuskan suatu kesempatan, namun satu hal yang perlu diingat adalah "keberanian". keberanian lah yang akan mengontrol keputusan tersebut. Dan sikap berani tersebut bukan hanya kita berani dalam bertindak, namun kita berani dalam menghadapi resiko yang akan menimpa kita, baik itu baik maupun buruk sekali pun.

Banyak dikalangan para pemuda sekarang yang salah dalam bertindak dalam meraih kesempatan. Terlalu banyak di fikir dan takut akan resiko yang akan menimpa. Hal tersebut merupakan suatu sikap kebiasaan yang tidak baik. Alhasil, sebelum mencoba bertindak maka putus asa lah yang ada dalam fikirannya.

Lalu apa yang harus dilakukan agar kita tidak terjebak dengan kasus tersebut?
1. Yakin kan lah bahwa setiap hal yang kita alami, akan berbuah suatu pengalaman yang belum tentu orang lain mengalaminya.
2. Percaya diri dalam bertindak dengan landasan kebenaran dalam melakukan setiap hal.
3. Beranikan untuk bertanya dan berkomunikasi dengan orang yang lebih berpengalaman, agar kita dapat mempelajari dan memahami apa yang harus kita lakukan.
4. Fokuskan setiap hal yang kita lakukan dalam satu tujuan. Hal ini akan membatasi setiap kegiatan yang kita lakukan agar tidak keluar dalam lajur tujuan yang kita miliki.
5. Hadapi, Hayati dan Syukuri.

Jadi dapat di simpulkan dari postingan saya ini, bahwa kesempatan dan keberanian akan mempengaruhi tingakat pengalaman yang akan kita raih. Selama kita berani, maka pengalaman pun akan mendekati kita, namun jika kita tidak berani mencoba dan memulai, maka pengalaman pun akan terus menjauh darikita dan malah orang lain lah yang akan meraihnya. Namun satu hal yang perlu di pahami bahwa berani bertindak dan melakukan disini adalah berani bertindak dalam hal hal yang positif, yang dapat mempengaruhi kehidupan kita untuk lebih baik.

No comments:

Post a Comment

 
;